Pemalang – Sebanyak 485 peserta dari 489 peserta yang mendaftar badan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)/Pemilihan Bupati/wakil bupati (Pilbup) Kabupaten Pemalang mengikuti test tertulis sebagai calon Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang.

KPU Kabupaten Pemalang menggandeng SMA Negeri 1 Pemalang untuk menyelenggarakan test tertulis dengan menggunakan computer bassed test (CBT).

Selain menjaga transparansi, akuntabilitas dan kapabilitas bagi calon PPK, juga cepat diketahui besaran nilai yang diperoleh peserta.

“Ada 485 orang ikut dalam tes ini. Mereka adalah calon anggota PPK dari 14 kecamatan di Kabupaten Pemalang,” ujar Agus Setiyanto, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Pemalang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM di SMA N 1 Pemalang, Kamis (30/1).

Tes PPK terdiri dari 50 soal. Meliputi pengetahuan teknis mengenai pemilihan bupati, demokrasi, dan kewilayahan. Masing-masing kecamatan akan dipilih 10 orang dengan nilai tertinggi.

“Mereka selanjutnya akan ikut tahap selanjutnya, yakni tes wawancara,” ujar Agus.

Tes PPK berlangsung dalam empat sesi sejak pukul 7.30 sampai 17.30. Peserta tersebar di empat laboratorium. Masing-masing laboratorium terdiri dari 40 komputer.

Dari pantauan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang, penyelenggaraan test calon PPK inu berlangsung lancar dan tertib, sudah sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan.

“Tese Calon PPK Kabupaten Pemalang berlangsung tertib dan aman.” kata Divisi Sumber Daya Manusia adalah Safrudin Hadi Saputro, S. IP. (RedG)