Wonogiri – Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN) Bulukerto dibekali dengan pembinaan dan pelatihan kepemimpinan. Hal itu untuk menumbuh kembangkan jiwa leadership yang intelektual dan spiritul bagi para siswa-siswi di bangku pendidikan.

Serma Suparno Babinsa Koramil 21/Bukukerto pada kesempatan itu mengatakan pelatihan dan pembinaan sangat bernilai dan sangat strategis bagi pengembangan generasi muda yang akan datang. Hal itu harus dilakukan sebagai sebuah proses pembelajaran sampai kapan pun. Pasalnya musyawarah untuk mencapai mufakat sangatlah penting dalam sebuah proses demokrasi, yang berlaku di organisasi kecil termasuk OSIS.

Pengembangan dan pembinaan seperti ini sebutnya, harus dimaknai sebagai proses pembelajaran bagi pengurus OSIS, karena rata-rata ketua OSIS adalah sebagai panutan bukan yang suka buat ulah di sekolah. Kalau ada seperti itu, berarti ada yang keliru, prosesnya tidak tepat. Sebab dari sepengetahuan, penunjukan ketua OSIS di sekolah bukan lagi penunjukan kepala sekolah atau guru pembina, tetapi lewat proses langsung di sekolah.

“Dengan pola seperti ini, kami percaya para pengurus OSIS bertumbuh dalam pertumbuhan yang demokratis, sebagaimana tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945, mesti dijaga terutama dalam upaya membina diri dan karakter masing-masing untuk kemudian menjadi pemimpin baik dan berkualitas. Kepada seluruh pembina, saya minta tidak membiarkan anak-anak sendiri, tetapi kawal terus mereka. Jaga dan perhatikan mereka dalam langkah pengabdian di sekolah,” tandas Serma Suparno saat memberi kegiatan pelatihan di halaman SMKN I Bulukerto, Sabtu (14/12/2019).

Serma Suparno percaya pengurus OSIS yang dilatih ini akan menjadi kader penerus perjuangan bukan hanya di daerah tetapi kancah nasional bahkan dapat menguasai dunia.

“Maka itu, isilah pengetahuan sebanyak mungkin dengan ilmu kepemimpinan, harus menjadi bintang di kelas,” tegasnya.(RedG)

Tinggalkan Balasan