Solo-Makalah hasil penelitian mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Masuk Proceeding Seminar Nasional “Seni, Teknologi, dan Masyarakat #4” Tahun 2019. Pencapaian tersebut sangat membanggakan dan disambut oleh civitas akademik di tingkat Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta, dimana kedua makalah tersebut dihasilkan dari pelaksanaan kegiatan penelitian mahasiswa yang lolos dalam kegiatan Kemeristekdikti yaitu : PKM-M (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat) dan LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) Tahun 2019.

Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. (Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta), Sabtu (14/12) mengatakan makalah tersebut dipresentasikan Seminar Nasional bertajuk “Seni, Teknologi, dan Masyarakat #4” Tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pusat Pengembangan Akademik dan Penjaminan Mutu (LP2MP3M) Institut Seni Indonesia Surakarta di Gedung Teater Besar Gendhon Humardani Kampus Kentingan, Kamis, 31 Oktober 2019.

“Makalah pertama berjudul yang ditulis oleh Rahel Olivia Chandra Estoni Putri, Nadiah Arif Firdausi, dan Bayu Adi Susetya (Angkatan 2017) dengan judul makalah Pelestarian Cerita Ramayana Melalui Media Wayang Limbah Kertas Untuk Siswa Sekolah Dasar di Sukoharjo, dimana artikel ilmiah hasil dari kegiatan PKM-M (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat) Kemenristekdikti 2019.Selanjutnya makalah kedua berjudul Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Seni Tari Rantaya di ISI Surakarta yang ditulis oleh Taufiqur Rahman, Johan Patar Hutapea, Latifah Azmul Fauzi, dan Siti Cholifatur Rohmaniah (angkatan 2017) sebagai hasil pelaksanaan kegiatan LIDM Kemenristekdikti 2019,” bebernya.

Dijelaskannya, rangkaian Seminar dan Pameran “Seni, Teknologi, dan Masyarakart #4” ini dibuka oleh Rektor ISI Surakarta, Dr. Drs. Guntur., M.Hum. Tiga orang narasumber kunci yang hadir pada gelar seminar yang sudah memasuki tahun ke-4 ini adalah Dr. Sadjuga, M.Sc (Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti), Dr. Wanda Listiani, S.Sos., M.Ds (Ketua LPPM ISBI Bandung) dan Dr. Slamet, M.Hum (Ketua LP2MP3M ISI Surakarta). Seminar juga menghadirkan sejumlah peserta yang mempresentasikan hasil karya dan hasil risetnya terkait dengan seni, teknologi dan masyarakat.

“Pencapaian dari karya ilmiah tersebut sebagai bukti mahasiswa mampu menulis makalah dan sebagai bukti hasil dari pelaksanaan penelitian yang sudah dilakukan. Makalah karya mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta tersebut akan dicetak berupa proceeding seminar bersama dengan pemateri lainnya,” tegasnya.( RedG )

Tinggalkan Balasan