Surakarta-Seratusan siswa SD Tugu Jebres, Surakarta meramaikan “Pameran Festival Bebas Batas” lewat aksi menggambar massal apresiasi untuk karya penyandang disabilitas, berlokasi di sekitar lokasi pameran karya seni rupa penyandang disabilitas di Pendhapa Ageng ISI Surakarta, Kampus Kentingan, Senin (11\11).

Basnendar Herryprilosadoso, S,Sn., M.Ds, Koordinator aksi dan Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengatakan siswa kelas I sampai kelas III sekitar 100an meramaikan Pameran Meneroka Batas sebagai salah satu rangkaian Festival Bebas Batas, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dalam rangka mengakomodir penyandang disabilitas dalam berekspresi di media seni rupa.

“Aksi massal yang bertajuk “Apresiasi Karya Seni Disabilitas” menggambar dengan tema bebas dalam media kertas A4 dengan alat gambar bebas, seperti spidol, pensil, crayon, dan alat lainnya ini akan diselenggarakan besuk,” katanya.

Dikatakannya, tema Festival Bebas Batas tahun 2019 tersebut bertema Ekspresi Karya Seni Rupa Penyandang Disabilitas” terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, seperti : workshop, diskusi, pameran, dan kegiatan pendukung lainnya.

“Melalui event ini, siswa sekolah dasar diharapkan mampu peduli dan terinspirasi akan kreativitas penyandang disabilitas dalam bidang seni rupa walau dalam keterbatasan,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar