Pekalongan – Sebanyak 1 peleton anggota dari Kodim 0710/ Pekalongan mengikuti Apel pergeseran pasukan dalam rangka Pilkades serentak pada tanggal 13 November 2019 besuk, Apel dipimpin oleh Kepala Kepolisian Resor Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, bertempat di halaman Mapolres setempat, selasa(12/11/2019).

Turut hadir dalam Apel tersebut Wakil Bupati Pekalongan Hj. Arini harimurti, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj. Hindun, Sekda Kabupaten Pekalongan Mukaromah Syakoer, Danyon B pelopor Sat Brimob Polda Jateng AKBP Suwito, Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, SH, Dandim 0710 Pekalongan diwakili Danramil Kajen Kapten Infanteri Nurkhan, Kejaksaan Negeri Pekalongan Wuryanto, Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan Sutaji, MH, Kakesbangpol Kab. Pekalongan Haryanto Noegroho dan Para Kabag Kasat perwira staf Polres Pekalongan.

Adapun peserta Apel pergeseran pasukan terdiri dari Pleton anggota Kodim 0710 Pekalongan, Pleton Sat Brimob Pekalongan, Pleton anggota Polres Batang, Pleton anggota Polres Pekalongan Kota, Pleton anggota Polres pemalang, Pleton anggota Pores Tegal Kota, Pleton gabungan anggota Polres Pekalongan dan Pleton Linmas Kab. Pekalongan.

Dalam arahannya Kapolres Pekalongan menyampaikan bahwa Tahaраn pilkades serentak tahun 2019 sebentar lagi akan memasuki tahap inti yaitu tahap pungut suara yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 november 2019.

Dalam hal ini, Polri, TNI, Linmas dan personil pendukung lainnya siap untuk melaksanakan pengamanan pilkades serentak tahun 2019 khususnya sebelum, saat dan pasca pungut suara agar pilkades serentak tahun 2019 kabupaten pekalongan, dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Pengamanan pilkades serentak tahun 2019 ini, sebelumnya akan dilaksanakan di 210 desa, namun
karena terdapat beberapa permasalahan yang menyebabkan desa ditunda pelaksanaan pemilihannya, sehingga pilkades serentak ini akan dilaksanakan di 206 desa. Adapun 194 desa masuk wilayah Kabupaten Pekalongan dan 12 desa masuk wilayah Kota Pekalongan.

Berdasarkan data yang terhimpun, sebanyak 582 calon kades mengikuti kontestasi dalam pilkades serentak tahun 2019 ini, dimana didalamnya terdapat 139 calon kades yang incumben, 28 calon kades dari perangkat desa, 4 purnawirawan TNI/Polri, 1 anggota TNI dan 1 anggota Bhayangkari,”Jelas Kapolres.

Terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), di wilayah hukum Polres Pekalongan, secara keseluruhan daftar pemilih tetap berjumlah 456.713 (empat ratus lima puluh enam ribu tujuh ratus tiga belas) pemilih, dimana daftar pemilih tetap (DPT) tertinggi berada di desa kesesi kecamatan kesesi yang berjumlah 6.962 pemilih, dan daftar pemilih tetap (DPT) terendah berada di desa curug muncar kecamatan petungkriyono yang berjumlah 390 pemilih.

Terpisah, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto menyampaikan, kepada prajuritnya yang melaksanakan Pam Pilkades serentak agar, tetap netral dan selalu bersinergi dengan pihak kepolisian serta aparat terkait di lapangan.

” Kepada prajurit yang melaksanakan pengamanan pilkades agar selalu pedomani aturan yang berlaku, tetap netral dan selalu bersinergi dengan aparat terkait dilapangan,”tandasnya.

Dalam pengamanan Pilkades serentak Polres Pekalongan selalu bersinergi dengan unsur TNI yakni dari kodim 0710 Pekalongan dan instansi terkait, seperti Linmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan instansi terkait lainnya serta dukungan dari masyarakat yang ada di Kabupaten Pekalongan. (RedG /Rus/YL)

Tinggalkan Komentar