Wonogiri – Kiprah tokoh asal Kecamatan Sidoharjo, Suparno Parnaraya sebagai sosok putra daerah membuat SMKN 1 Pracimantoro atau lebih dikenal sebagai SMK Pariwisata Wonogiri mengundangnya sebagai pembicara tunggal dalam acara bertajuk Sosialisasi Kewirausahaan Berproses Menuju Sukses di aula sekolah yang beralamat di Jalan Lintas Selatan, Lingkungan Sawahan, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pracimantoro tersebut, Senin (11/11) pukul 09.00 WIB.

Suparno Parnaraya hadir bersama Lesna Purnawan seorang tokoh muda Paguyuban Keluarga Wonogiri ( PAKARI ) dan Agus Winarno General Manager Batik Mangkoenegaran.

Suradi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mewakili Kepala Sekolah Putra Jaya mengatakan acara tersebut diikuti semua murid kelas 12 dari 4 kompetensi keahlian.

“Sekitar 206 murid kelas 12 dari jurusan Perhotelan,  Akuntansi, Tata Boga dan Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ ), ” katanya.

Suradi menuturkan para murid diajak guna mendengarkan cerita positif di bidang kewirausahaan oleh pengusaha sukses pemilik Istana Parnaraya, bangunan megah yang didedikasikan oleh para lansia tersebut.

“Kegiatan ini kita akan mendengar secara langsung kiprah dan sepak terjang seorang pengusaha muda yang sukses. Dengan demikian para murid akan termotivasi agar setelah lulus tidak hanya bekerja namun memiliki motivasi dan inovasi untuk berusaha seperti Pak Parno,” ungkapnya.

Suradi menjelaskan jika banyak potensi yang menjanjikan untuk berwirausaha di sekolah yang berdiri pada tahun 2010 tersebut.

“Kita meraih juara nasional di bidang pastry dari jurusan Tata Boga,” tegasnya.

Dalam acara tersebut para murid disuguhkan slide mengenai perjalanan hidup seorang Suparno Parnaraya mulai dari kecil sampai menjadi pengusaha yang memiliki 32 perusahaan.

Suparno mengatakan dalam menjadi pengusaha sukses tidaklah ditempuh dengan cara instant, dia menceritakan bagaimana awal dia merintis usahanya di depan para murid.

“Awal merintis usaha ya banyak tantangan dan rintangan. Namun semua itu bisa dilewati dengan fokus dan serius,” jelasnya.

Suparno berharap agar para siswa bersikap baik berbudi pekerti yang baik,disiplin tinggi dan patuh kepada bapak ibu guru yang membimbingnya.

“Nantinya dengan menjadi pengusaha atau tenaga profesional akan banyak membantu pemerintah mengurangi pengangguran dan menambah pendapatan negara di bidang pajak seperti yang selama ini kami lakukan,” bebernya.

Suparno juga mengapresiasi juara nasional pastry dari jurusan Tata Boga, pada acara tersebut dia memesan kue kering senilai satu juta rupiah.

Dia juga menekankan kepada para siswa ketika suatu saat memulai sebuah usaha agar menyiapkan konsep yang matang baik management ,SDM,Permodalan peluang dan pasarnya.

“Namun jauh dari itu yang lebih penting adalah belajar dan bekerja dahulu sambil mencari ilmu hingga betul-betul memiliki skill yang matang,” ulasnya.

Banyak harapan oleh bapak Suparno agar murid-murid SMKN 1 Pracimantoro gemar membaca peluang kerja dan bisnis melalui media elektronik dan media yang lainnya.

Di akhir acara, Suradi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan memberikan piagam penghargaan kepada Suparno Parnaraya.(RedG)

Tinggalkan Komentar