Wonogiri-Batuud Koramil 19/Purwantoro Serma Puji Arwandi menghadiri kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka HKN ke 55 bertempat di halaman pasar Kecamatan Purwantoro yang di hadiri puluhan warga, Jumat (09/11/19).

Kegiatan yang digagas oleh Puskesmas Purwantoro tersebut, dihadiri oleh Camat Purwantoro Joko Susilo S.Sos MM, Danramil 19/Purwantoro Kpt Inf Hengky Nurchayadi diwakili Batuud Serma Puji Arwandi, Kapolsek diwakili Aiptu Kurniawan, Kepala Puskesmas 1 Purwantoro Dr Warseno Ismunandar MM. Kepala Puskesmas 2 Dr Hamyoko MM, kades/kakel se-Kecamatan Purwantoro.

Dalam sosialisasinya, Kepala Puskesmas 1 Purwantoro Dr Warseno Ismunandar MM meyampaikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

“Posbindu PTM adalah bentuk peran serta masyarakat dalam upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resiko penyakit tidak menular secara terpadu”, terangnya.

Waseno juga mengajak warga desa untuk senantiasa menjaga kesehatan, dengan olahraga yang teratur, pola makan yang teratur, tidak mengkonsumsi alkohol, menghindari rokok, dan memeriksakan kesehatan sejak dini. “Periksakan kesehatan kita, guna deteksi dini”, imbuhnya.

Joko Susilo Camat Purwantoro juga menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari HKN ke-55, kegiatan ini sangat positif karena dapat mengetahui kelemahan kita terhadap penyakit terutama penyakit yang tidak menular.

“Program ini merupakan sinergitas dari program pemerintah Kabupaten Wonogiri yang ingin seluruh masyarakatnya sehat,” ulasnya. ( RedG )

Tinggalkan Komentar