Anak-anak Tk lomba mewarnai gambar Presiden dan Wakil Presiden RI

Pemalang-Selasa 5 November 2019 KPU Kabupaten Pemalang menggelar sosialisasi pendidikan pemilih di Kecamatan Moga. Acara berlangsung di RA Rahmatul Umat Walangsanga dan KB Muslimat Dewi Masyitoh 03 banyumudal.

Agus Setiyanto, Anggota KPU Kabupaten Pemalang mengaku punya tujuan jangka panjang dalam kegiatan tersebut. Menurutnya KPU ingin anak-anak pendidikan usia dini juga bisa mengenal apa itu demokrasi. Caranya dengan memfasilitasi kegiatan mewarnai gambar Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Sambil mewarnai adik-adik juga kita ajak mengenali siapa nama kepala negara Indonesia. Ini sepele tapi penting buat mereka,”ujar Agus.

Dalam kegiatan tersebut ibu-ibu yang sedang menunggui anak-anak juga terlibat. Mereka membantu anak-anak bagaimana cara mewarnai gambar yang benar. Antara lain memilihkan warna yang cocok, mengatur tebal tipis pewarnaan, dan memastikan proses mewarnai benar-benar tuntas.

Kegiatan berjalan dalam dua jam. Setelah selesai anak-anak berbaris diajak berfoto sambil memamerkan karya terbaik mereka. Terlihat guru dan orangtua sangat antusias mengabadikan momen saat anak-anak berbaris sambil memegang gambar presiden dan wakil presiden.

“Gambar-gambar tersebut kemudian dibawa pulang, harapannya ditempel di rumah masing-masing. Semoga literasi demokrasi ini membekas dalam ingatan anak-anak,” ujar Agus.

Faiqoh Dian Rifani, guru KB Muslimat Dewi Masyitoh 03 Banyumudal mengaku senang dengan kegiatan KPU. Awalnya dia ragu dengan rencana KPU untuk mengadakan kegiatan di sekolahnya. Tapi setelah kegiatan berjalan dia jadi paham manfaat apa yang bisa diperoleh anak-anak dan orangtua.

“Selama ini KPU itu identik dengan politik. Politik itu isinya orang-orang dewasa. Jadinya agak heran kenapa KPU izin bikin acara di taman kanak-kanak,” ujar Dian.

Tinggalkan Komentar