Wonogiri – Menempati lahan seluas sekitar 2 hektar, SMAN 1 Purwantoro berhasil menjadikan kawasan tersebut menjadi hijau dan asri. Pepohonan tumbuh subur membuat suasana menjadi sejuk membuat betah siapapun yang memasukinya.

Tidak mengherankan jika sekolah yang beralamat di Jalan Tegalrejo Raya, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Purwantoro tersebut meraih predikat Sekolah Adi Wiyata Mandiri tingkat nasional pada tahun 2015.

Apakah Adiwiyata itu ? Dikutip dari sejumlah sumber, Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program tersebut diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Wakil Kepala Bidang Humas Drs Widodo, S.Sos mewakili Kepala Sekolah SMAN 1 Purwantoro Dr Uswatun Hasanah, Rabu (9/10) menjelaskan sekolah yang mempunyai slogan prima dalam layanan maju dalam pendidikan tersebut sangat memperhatikan terkait kelestarian lingkungan hidup.

Selain rindang, sekolah yang berdiri pada tahun 1991 tersebut juga menerapkan 3R yakni Reuse, Reduce dan Recycle dalam pengelolaan sampah.

“3R adalah Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi berbeda. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan adanya sampah sementara Recycle berarti mendaur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat,” ujar Widodo.

Permasalahan energi juga mendapat perhatian dari SMAN 1 Purwantoro.Hal tersebut dibuktikan dengan berhasil diraihnya penghargaan juara 1 sekolah hemat energi tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2015.

“Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, pada acara upacara hari jadi Provinsi Jawa Tengah ke 65 di lapangan Simpang Lima, Kota Semarang pada tahun 2015,” terang Widodo.

Diterangkannya, ada tiga pilar unggulan penghematan energi yaitu kebijakan penghematan energi, kegiatan penghematan energi dan pengendalian penghematan energi.

“Ada kalimat ajakan dalam rangka bijak dalam penggunan energi di setiap setiap saklar lampu maupun kran air sehingga para siswa termotivasi,” kata Widodo.

Selain berwawasan lingkungan, SMAN 1 Purwantoro juga memperhatikan kualitas pendidikan dengan memberikan Pendidikan Sistem Ganda yakni memberikan keterampilan kepada siswa guna menambah life skills.

“Ada 3 keahlian yang diberikan kepada siswa sesuai dengan minat mereka yakni Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan dan Tata Niaga yang diberikan seminggu sekali selama 2 jam pelajaran yang bisa digunakan sebagai bekal setelah lulus,” tegasnya. (RedG)

Tinggalkan Komentar