Pandegelang – Gotong royong adakah jiwa bangsa Indonesia, rasa bersatu membangun shatu negeri dengan sikao gotong royong mulai tergerus oleh jaman. Duta Kemiskinan Peduli Kemanusiaan Banten yang berdiri tahun 1999 membuat suatu gerakan yang luar biasa, mengajak semua orang untuk mengembalikan ruh gotong royong dalam membantu sesama. Gerakan duta kemiskinan ini mukai disambut baik ileh masyarakat pada tahun 2012. Ada gerakan yang masif sehingga mengispirasi terbentuknya berbagai komunitas serupa.

 

Duta kemiskinan (DK)  Cigeulis, Sabtu (5/10) melakukan serah terimah rumah milik Nurti (80th) di desa Ciseureuheun, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandegelang Banten yang sudah selesai di bedah.

Koordinatorl lapangan DK Cigeulis, Dani sadar bahwa pemerintah  telah mengalokasikan dana untuk membantu masyarakat dalam hal perbaikan rumah tidak layak huni maupun program lainnya.  Tapi perlu disadari bahwa tidak akan semua dampak kemiskinan dapat sepenuhnya di atasi pemerintah. Karenanya kami mengambil sikap untuk membantu yang belum bisa disentuh pemerintah .

Gerakan DK sungguh luar biasa melalui gotong royong yang merupakan suatu komitmen bersama.

“Gerakan ini dilakukan menjadi komitmen kami,dan dalam pengerjaannya dilakukan bersama sama tampa harus mengeluarkan biaya tukang. Inilah kegiatan yang luar biasa.“ kata Dani

Dituturkan oleh Dani, selama lima bulan bergabung sudah membangun 3 rumah secara gotong royong.

Kepala Desa Ciseureuheun kecamatan Cigeulis kabupaten Pandegelang banten, Mursid menyampaikan rasa terimah kasih kepada Tim Duta kemiskinan, atas segala uoaya yabg tekah dilakukan terhadap warganya.

“Program ini sungguh sangat luar biasa,sebagai inspirasi tentang sebuah kepedulian dan tentunya medorong kami untuk melanjutkan program kedepannya bersama warga kami yang sudah mengikuti Duta Kemiskinan“ tuturnya.

Air mata Nurti pun terus keluar,  isak tangis kebahagiaan mengucapkam banyak terimah kasih kepada Duta kemiskinan agar mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Selain penyerahan kunci, juga dilaksanakan  pembagian sembako dan santuan buat anak yatim piatu dan lansia 40 bingkisan dan uang sebagai pelengkap setiap kegiatan serah terimah kunci.

Kegiatan Ini dihadiri pula perwakilan Duta Kemiskinan Cigeulis, Pemalang Jawa Tengah, Panimbang, Sobang, Pandegelang, Jakarta dan Tangerang (RedG)

 

Tinggalkan Komentar