Sukoharjo – Sarana olahraga kampung telah mulai dibangun yang bertujuan untuk menyalurkan kegiatan positif bagi penuda maupun warga Madyorejo RT 01 RW VII, Jum’at 4/10/2019.

Ketua RT Rudi Sulistyohadi mengatakan banyak potensi yang bisa digali ketika sebuah kampung memiliki sarana dan prasarana olahraga, diantaranya memanfaatkan lahan kosong yang berada di lingkungan kampung, untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga, sehingga kesehatan badan bisa lebih baik dengan seringnya melakukan olahraga.

Dijelaskan bahwa pembangunan sarana olahraga kali ini berupa gedung mini tenis meja yang dibangun selama 3 minggu, dengan dana swadaya dari sebagian warga Madyorejo RT 01 RW VII.

“Teknis dalam mendirikan rumah sarana olah raga tenis meja ini berupa mendirikan rumah yang dirangkai dari bambu dengan kontruksi yang sangat kuat dan kokoh, dengan atap seng berukuran panjang 10 meter x lebar 5 meter tinggi 4,50 meter, dan untuk lantai sesuai rencana akan cor, sedangkan untuk meja tenis meja juga telah didapat dari sumbangan warga setempat pula,” tambah Rudy.

Penasehat Kampung H. Mudjiman menyampaikan pula, untuk mengembangkan kampung bisa bekerjasama dengan para ulama, pengusaha. Dengan dibangunnya pembangunan Sarana Olahraga Kampung (Sargakam). Program tersebut bertujuan untuk menyalurkan kegiatan positif bagi masyarakat, terutama anak-anak muda dan bapak ibu usia baya.

“Siapa yang bisa memegang pemuda dengan tujuan yang fositif, karena pemuda adalah tolok ukur majunya dimana kita bertempat tinggal dengan tujuan untuk memajukan kampung dengan bakat apa yang dia milikinya,” tambah Mudjiman.

Selain itu sumber dana yang didapat untuk mewujudkan sarana olah raga tersebut berasal dari sumbangan beberapa warga dengan sukarela, ada yang membantu matetial dan juga uang tunai.

Ditambahkannya, selama ini sarana olahraga di desa terbilang minim, padahal banyak potensi yang bisa digali ketika sebuah desa memiliki sarana dan prasarana olahraga. Misalnya, tempat olahraga kampung dapat difungsikan sebagai ruang publik untuk aktivitas keramaian. Serta ruang kegiatan positif agar terhindar dari narkoba, radikalisme, dan tawuran.

“Selain itu, olahraga kampung juga dapat memacu kegiatan ekonomi sewaktu digelar even pertandingan. Sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan dengan adanya olahraga kampung,” tegasnya. (RedG- BS )

Tinggalkan Komentar