Kabupaten Semarang – Gula aren merupakan salah satu produk hasil perkebunan, diolah menjadi pemanis alami yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan Pohon Enau.

Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) Gula Aren Yasripun  merupakan salah satu UMKM yang memproduksi gula aren berbahan baku nira.

UMKM Gula Aren Yasripun terletak di Desa Pledokan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang mampu menyediakan 20 kg gula aren dalam satu hari. Penggunaan alat dan proses yang digunakan dalam pembuatan gula aren oleh UMKM Gula Aren Yasripun masih tergolong konvensional tidak dapat memenuhi permintaan yang semakin meningkat.

Pengadukan masih dilakukan secara manual dan pemasakan yang masih menggunakan kayu bakar mendorong Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Diponegoro (UNDIP) yang terdiri atas Asri Nurdiana S.T, M.T, Dr. Dra Ida Hayu Dwimawanti M.M. dan Dr Agus Setyawan S.Si, M.Si untuk mengimplementasikan alat mesin bejana pemasak dengan pengaduk dan pemanas otomatis untuk meningkatkan produksi gula aren pada UMKM Gula Aren Yasripun di Desa Pledokan. Dengan diterapkannya alat pemasak nira yang dilengkapi pengaduk dan pemanas, diharapkan kapasitas produksi UMKM Gula Aren Yasripun dapat meningkat 4 kali lipat. (RedG)

Tinggalkan Komentar