Pemalang – Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu  respon sosial atau tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam bentuk berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, misalnya; menjaga lingkungan sekitar perusahaan, membangun fasilitas umum, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, memberikan bantuan beasiswa kepada anak yang dirasa kurang mampu, hingga memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sebagai bentuk sosial inilah, pemerintah Kabupaten  Pemalang telah mendeklarasikan bersama dengan perusahaan yang ada di Kabupaten Pemalang sebagai bentuk komitmen dalam kegiatan  sosial dan lingkungan perusahaan.

Deklarasi ditandai dengan penandatangan bersama antara Bupati Pemalang Junaedi dengan perwakilan perusahaan yang ada di Kabupaten Pemalang, Senin, (30/9/2019), di salah satu hotel di Pemalang.

Usai penandatanganan, bupati mengatakan adanya deklarasi ini merupakan bentuk komitmen perusahaan atau lembaga atau instansi untuk melaksanakan tanggungjawab sosial dan lingkungan di Kabupaten Pemalang.

“Kegiatan ini semacam ini merupakan upaya yang terus kita dorong dan kita laksanakan dalam rangka mewujudkan kepedulian kita, tanggungjawab kita untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik pada perusahaan itu sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya”, kata Bupati.

Kegiatan ini kata Bupati, juga merupakan bentuk implementasi dan amanat peraturan daerah Kabupaten Pemalang nomor 21 tahun 2017 tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan, bahwa perusahaan dalam menjalankan usaha, tidak hanya mendapatkan keuntungan perusahaan semata, melainkan perlu tanggungjawab sosial guna meningkatkan kualitas kehidupan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat setempat pada umumnya, dan masyarakat perusahaan itu sendiri dalam rangka terjadinya hubungan yang serasi, selaras dan seimbang dengan nilai budaya masyarakat setempat.

Sementara itu Kepala Bidang Sosial dan Budaya pada Bappeda Kabupaten Pemalang Titik Widyastuti, selaku penyelenggara menjelaskan kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan koordinasi agar program tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan dapat terlaksana dengan baik.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa dalam kegiatan tersebut juga akan disepakati bersama bahwa tanggal 30 September 2019 menjadi hari lahirnya Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Kabupaten Pemalang.

“Dari usulan pihak lain yang masuk kepada kami mengusulkan bahwa tanggal 30 September 2019, menjadi hari lahirnya Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Kabupaten Pemalang, kami berharap hari juga dapat disepakati bersama”, ungkapnya. (RedG)

Tinggalkan Balasan