Solo – Delapan puluh lukisan karya 52 seniman lukis Soloraya dipamerkan di Pendopo Balaikota Surakarta Selasa (10/09) pagi.

Pameran lukisan yang mengusung tema Pesona Tujuh Empat tersebut terbuka untuk umum dan akan berlangsung selama dua hari mulai 10-11 September mendatang. Berbagai karya lukisan terpajang disana. Mulai dari lukisan wajah tokoh, lukisan Presiden pertama Republik Indonesia hingga Presiden Joko Widodo. Tak hanya itu lukisan alam hingga binatang turut meramaikannya.

Dalam sambutannya Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang diwakili Sekretaris Daerah Ahmad Yani mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada para seniman lukis yang telah ikut mendedikasikan karya karyanya untuk dinikmati masyarakat luas.
Ahmad Yani berharap adanya pameran lukisan tersebut selain menjadi ruang bagi para penikmat seni lukis sekaligus menjadi ajang srawung antar warga masyarakat di Kota Solo.

Sementara saat di temui, Wiryono seniman lukis sekaligus ketua panitia penyelenggara mengungkapkan pameran lukisan tersebut sebenarnya merupakan gagasan yang tertunda setengah tahun lalu. Dirinya merasa berterimakasih telah difasilitasi oleh Walikota Solo hingga akhirnya impian pameran lukisannya akhirnya terwujud.

”Karena kesibukan dan berbagai hal baru bisa berlangsung sekarang” jelas Wiryono.

Lebih lanjut ia menuturkan sengaja mengusung pesona tujuh empat untuk ikut mewakili perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74.Berbagai aliran lukisan mulai dari realis, dekoartif, ekspresif, hingga impresif terpajang dalam pameran tersebut.

Wiryono mengaku jika para seniman lukis di Solo masih kesulitan dalam berkarya. Minimnya kurator karya seni lukis yang ada. Akibatnya pelukis kurang menemukan ruang ekspresinya.

” Kalau bisa seperti di Jogja. Banyak sudut sudut kota yang menggelar pameran karya seni, ” ujarnya

Rendahnya minat masyarakat atas karya seni.lukis dengan minimnya jumlah kolektor karya lukisan menjadi tantangan sendiri bagi seniman lukis.

Untuk itu ia berharap seniman lukis butuh dukungan dari berbagai aspek dari pemerintah agar bisa maju dan terus berkarya, mengukuhkan citra kota Solo sebagai kota seni.dan budaya.
Dalam pameran lukisan Pesona tujuh empat tersebut para pencinta lukisan tak hanya bisa mengagumi lukisan di tempat pameran saja. Jika tertarik karya karya lukisan tersebut bisa dibeli dengan menghubungi panitia pameran. (RedG/Yusuf C)

Tinggalkan Balasan