Karanganyar – Semarak Kemederkaan di penghujung bulan Agustus masih menggema di komplek Perumahan Griya Winong Baru, Banaran Ngringo Jaten Karanganyar Jawa Tengah, Sabtu malam (31/08)

Berlokasi di Fasilitas Umum (Fasum) perumahan setempat acara perayaan kemerdekaan RI ke 74 digelar dengan penuh kekeluargaan. Hajatan kecil ini merupakan puncak kegiatan di tingkat Rukun Warga (RW) 27 setelah sebelumnya acara digelar di tiap Rukun Tetangga (RT)
Gelaran acara yang bersaman dengan malam tahun baru Hijriyah 1441 H tersebut menjadi momen yang istimewa bagi warga yang hidup di komplek perumahan. Menjadi ajang kumpul di mayoritas warganya yang padat aktivitas.

Kepala Dusun Banaran Guntoro Setyo Widodo yang hadir dalam acara tersebut mengatakan jika kegiatan ini menjadi salah satu cara menyatukam sinergisitas sumberdaya warga masyarakat yang ada.

”Kegiatan bapak bapak dan PKK jika bisa seperti ini terus kedepan bisa menambah kerukunan dan kemajuan khususnya warga perumahan. Maka peran aktif warga dalam.lingkup terkecil seperti rukun tetangga maupun paguyupan mestinya didukung bersama sama ” Ujarnya.

Guntoro juga menambahkan bila rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tengah diuji. Seperti kasus yang belum lama terjadi. Maka menjaga kebersamaan dan kerukunan itu sangat penting
Sementara Ketua Rukun Warga (RW) 27 Nur Fitria mengungkapkan jika gelaran ini diakhir bulan karena padatnya acara khususnya panitia yang ditunjuk.

” Harapannya nilai nilai nasionalisme kebangsaan dengan kegiatan ini bisa dimiliki warga masyarakat RW 27 ”. kata dia.

Prosesi doa dilanjutkan potong tumpeng menjadi penanda dimulainya acara perayaan.

Bukan tanpa makna pernak pernik dalam tumpeng tersebut ternyata memiliki pesan sekaligus doa. Salah satunya adalah nasi kuning yang dipadatkan menyiratkan eratnya tali kekeluargaan dan persaudaraan diantara warga perumahan.

Gelaran yang diisi beragam pentas seni tersebut makin membuat meriah acara. Tampilnya kelompok paduan suara ibu ibu PKK. Dance anak anak serta hadirnya group band perumahan bertemakan lagu lagu perjuangan makin menggugah rasa nasionalisme.

Tampil juga pembacaan puisi dan dongeng yang penuh dengan penghayatan dari salah seorang anak sanggar.

Acara tersebut juga menghadirkan salah seorang sesepuh warga perumahan untuk bercerita seputar kisah perjuangan sekaligus pesan pesan bijak kepada generasi muda. Malam perayaan tersebut juga menjadi momen bagi bagi hadiah dalam.perlombaan yang telah digelar beberapa waktu lalu. (RedG/Yusuf C)

Tinggalkan Komentar