Wonogiri – Ribuan keris pusaka milik mantan Bupati Wonogiri H.Begug Purnomosidi,SH dipamerkan di kediamannya di Jalan Ahmad Yani no 41 Wonogiri, Senin (5/8) .Senjata khas Kerajaan Jawa tersebut tersusun rapi di sejumlah etalase di rumah tersebut. Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran raksasa.

Raja dan sultan dari sejumlah kerajaan di Nusantara hadir. Seperti Sinuwun Pakubuwono 13 Hanggabehi beserta permaisuri.

Begug Purnomosidi menjelaskan dia memamerkan sejumlah 1345 bilah keris miliknya pribadi.

“Ini adalah pemecahan rekor, bukan hanya di Indonesia namun dunia. Dan ini wujud kecintaan saya terhadap budaya asli Nusantara dan jika berbicara tentang hal tersebut, nama Kabupaten Wonogiri mempunyai peran penting,” katanya.

Begug menuturkan pihaknya adalah sebagai motor perebut kembali Reog Ponorogo yang beberapa waktu silam diklaim oleh negara tetangga Malaysia.

Karena dedikasinya tersebut, Pria berusia 81 tahun tersebut diundang oleh Sultan Brunei Hassanal Bolkiah guna mewakili Indonesia dalam pameran kebudayaan.

“Saya akan membawa keris bertahtakan emas ke Brunei nanti, jumlahnya 160 keris bertahtakan emas,” bebernya.

Sementara Ketua Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) Paulus Pangka, SH dalam kesempatan tersebut menganugerahi Begug Purnomo Sidi dan sejumlah tokoh berupa rekor dunia pameran keris terbanyak.

Mereka adalah, Sultan Hassanal Bolkiah, SISKS Pakoe Boewono XIII dan permaisuri, Sultan Sepuh Demak Bintoro Suryo Tjahyo Buwono Hutomo Mandala Putra, Bupati Joko Sutopo, KMT Sunarsih Sunaringtyas, Dato Seri Pahlawan Awang Haji Yussof dan Sultan Suryo Alam Joyo Kusumo.(RedG)

Tinggalkan Balasan