Brebes – Saka Wira Kartika (SWK) binaan Koramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes, adalah duta Pramuka dari Kabupaten Brebes untuk melaksanakan Persami (Perkemahan Sabtu-Minggu) terpusat tingkat daerah Kodam IV Diponegoro akhir Semester I TA. 2019.

Kontingen yang terdiri dari 22 orang baik siswa maupun siswi berasal dari SMAN 1 Banjarharjo dan SMK Al Ikhlas Kecamatan Banjarharjo, akan beradu ketrampilan dengan kontingen Kodim lainnya di jajaran Kodam IV Diponegoro atau 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, selama 2 hari (22-23/6), di Lapangan Tembak Sekolah Calon Tamtama TNI di Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Tim pendukung terdiri dari pembina yaitu Serma Cito dan Serda Sulis dan 2 orang guru pendamping. Untuk kendaraan menggunakan truk dan bus dari Kodim. Tampak Dandim, Letkol Infanteri Faisal Amri, SE (peci hitam) memotivasi kontingen tersebut dengan datang langsung ke Gombong. Jumat sore (21/6/2019).

Disampaikan Dandim, perkemahan tersebut merupakan bagian kegiatan/kurikulum pembinaan Saka Wira Kartika yang dilaksanakan setiap tahunnya guna mengasah kemampuan dan keterampilan anggota.

“Saka Wira Kartika merupakan salah satu sarana untuk mendidik kedisiplinan, tanggung jawab serta menanamkan rasa gotong-royong dan cinta tanah air yang dilandasi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Lebih lanjut, bekal yang telah diajarkan para pembina selama ini, akan ditampilkan dalam kompetisi yang tentunya akan membawa nama harum Kodim dan Kabupaten Brebes umumnya. Kegiatan ini juga akan menjadi tolak ukur pembinaan SWK yang dilakukan oleh Kodim kedepannya.

“Menang dan kalah sudah lumrah dalam kompetisi, namun yang terpenting adalah anggota Saka Wira Kartika dapat bertambah wawasannya saat berkumpul dengan para kontingen se-Jawa Tengah,” tambahnya. (RedG penulis Aan Brebes).

Tinggalkan Komentar