Wonogiri- Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Minggu 10 Maret, bertempat di Bukit Grenjengan, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri mendapatkan pelatihan yang dipimpin langsung oleh Pinsaka tingkat cabang Wonogiri Serma Gatot Hariyanto dengan dibantu oleh Peltu Suparmo Bati Tuud Koramil 21/Bulukerto.

Disampaikan oleh Serma Gatot Haryanto kegiatan Saka Wira Kartika saat ini antara lain turun tebing dengan tali (Rappeling) dan rurun tebing landai dengan tambang besar (Hesty) yang diikuti oleh 68 anggota Saka Wira Kartika Kodim 0728 Wonogiri.

“Latihan rutin ini sebagai bagian dari wujud nyata kepedulian Kodim 0728/Wonogiri dalam pembinaan generasi muda,” ujar Serma Gatot.

“Melalui latihan ini sebagai generasi muda, para Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri, memiliki disiplin dan sikap mental yang baik, sehingga menjadi generasi berkualitas baik dari segi pengetahuan maupun sikap dan perilaku,” tegasnya. ( RedG )