Pemalang – Belik merupakan salah satu desa dan kecamatan di Kabupaten Pemalang yang memiliki countur topografi pegunungan. Seperti beberapa daerah pegunungan, salah satu permasalahan yang dialami adalah ketersediaan air bersih yang dibutuhkan untuk keperluan rumah tangga.

Melihat kondisi tersebut, Kepala desa Belik Ratno, mempunyai terobosan sendiri dengan melakukan pipanisasi air bersih diambilkan dari bukit Lengsar, lereng Gunung Slamet tepatnya diperbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, dekat dengan patung jendral Gatot Subroto. Pipa sejauh 5 km di pasang dari sumber mata air sampai di balai desa Belik.

Menurut Ratno, pipanisasi ini merupakan proyek hasil musrenbang desa yang merupakan salah satu prioritas di tahun 2018. Nantinya air bersih yang diambil dari bukit Lengsar ini ditampung ditandon besar sebelum didistribuskan ke rumah rumah warga, jelas Ratno ketika ditemui di kantornya, Jum’at (11/2/2018).

Harapanya, dengan adanya pipanisasi air bersih ini warga desa Belik terhindar dari kekurangan air bersih diwaktu kemarau. (admin)

Tinggalkan Komentar