oleh

119 Mahasiswa Ikuti Diskusi online membahas Apa Kabar Brebes

Brebes – Rumah Peradaban Brebes ( Yayasan Rumah Cinta Brebes) menghelat diskusi yang bertajuk “Apa Kabar Brebes?” melalui google meet, Kamis (15/10/2020).

Perhelatan ini sebagai narasumber, Muhammad Munawir Lasiyono, tokoh muda Brebes yang sekaligus inisiator Rumah Baca Harun Ar Rasyid dan Forum Pengusaha Muda Brebes.

Dimoderatori oleh Afifah, selaku pengurus Yayasan Rumah Cinta Brebes, peserta terdiri dari 119 mahasiswa/i dari 47 kampus baik di Brebes dan di luar daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam diskusi tersebut membahas 4 cakupan, yaitu pengembangan SDM, pendidikan, sejarah dan budaya.

“Dari SDM, kenapa SDM Brebes jauh atau tertinggal dengan kota kota lain di Jawa Tengah, yakni ada 3 hal, yaitu Respect to People, Respect to Time, Respect to System, yang harus selalu kita terapkan, ” kata Munawir.

Menyinggung masalah pendidikan, banyak pemuda pemudi Brebes yang putus sekolah, karena anak seorang petani, bahkan tidak bisa menyelesaikan kuliah nya.

“Dari segi sejarah, membahas tentang kejayaan kepemimpinan brebes yang banyak membuat dampak, yang selalu di ingat, serta memihak pada masyarakat, bahkan meraih prestasi prestasi di kanca nasional dan tecatat di catatan sejarah, “ujarnya.

Lebih lanjut Munawir, menyinggung dalam budaya, bagaimana kita mengembangkan kebudayaan yang sekarang ini hampir punah dan luntur.

‘Bahkan hilang, karena banyak nya kaum muda yang tidak tau kebudayaan atau seni asli Brebes, lebih suka dengan kebudayaan lain, “kata Munawir.

Acara ini juga mengundang Ustd Arsal, Dia memaparkan sejarah peradaban dan pentingnya kecintaan akan tanah kelahiran, baik di masa Rasulullah dan kekhalifahan.

Acara ini terselenggara atas sinergitas, BEM STAI Brebes dan LDK kampus UMUS Brebes.

“Besar harapan setelah sudah lulus kuliah, pemuda pemudi muda Brebes bisa balik ke Brebes dan membangun Brebes, “ucap Munawir.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar