Bangka Barat-Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab, Bangka Barat Drs. Ismantho mengatakan seperti kita ketahui bersama di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini teknologi sudah dimanfaatkan di segala bidang, tak terkecuali di bidang pendidikan Kemajuan teknologi tersebut memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Sebanyak 10 orang pelajar MA Terpadu Bina Insan Cendikia Kab. Bangka Barat, mengikuti pelatihan pembelajaran menggunakan Microsoft Office, di Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Rabu-Kamis (12-13 Nopember 2020).
Farouk Yohansyah selaku Kabid Pelayanan, Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan juga mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan merupakan bentuk kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat dengan Yayasan Insan Cendikia Bangka Barat, sebagai wujud dari pelaksanaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat di tengah Pandemi melalui Pelatihan dasar MS Microsoft Office.” Dan beliau juga mengatakan semoga kegiatan ini akan terus berlanjut ke pelatihan komputer menengah, coding dan desain grafis. Selain kegiatan pelatihan komputer, Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat juga berencana akan mengadakan penyuluhan kesehatan dan keahlian lainnya.
“Kegiatan ini dilaksanakan agar menjadi wadah bagi anak-anak untuk memperoleh pengetahuan tentang penggunaan teknologi, terutama pembelajaran Microsoft Office yang meliputi tiga hal yaitu, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point, mulai dari bangku sekolah, dan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengenalan aplikasi pengelola kata kepada pelajar , karena diketahui bersama penggunaan computer di era digital sekarang menjadi hal pokok. Apalagi selama masa pandemi Covid-19 ini, siswa bahkan mahasiswa melakukan proses pembelajaran dari rumah, dan bahkan hampir seluruh tugas harus dibuat melalui aplikasi seperti Microsoft office Word, Excel dan Power Point. ” Ungkapnya.
Hal senada juga diungkapkan Syapariatno Handoko, SE, selaku instruktur pelatihan bahwa kegiatan pelatihan dasar MS Microsoft Office ini sangat membantu dan dan bermanfaat bagi siswa. Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, juga memotivasi siswa dalam mencari dan menambah informasi atau keterampilan.
Pelatihan ini berlangsung sangat komunikatif antara instruktur dengan peserta pelatihan.
Dalam pelatihan ini dilakukan edukasi menggunakan computer, mulai dari menghidupkan sampai mematikan computer hingga menggunakan fitur-fitur yang tersedia hingga pelatihan aplikasi.
Mereka diberi banyak contoh soal latihan dengan menerapkan materi yang telah diberikan, salah satunya seperti membuat surat menyurat, pembuatan table,kolom Koran, tabulasi dll.(RedG/prima)

Tinggalkan Komentar