Kota Pekalongan – Satu pasien terkonfirmasi positif asal Kota Pekalongan meninggal dunia. Kasus tersebut menambah jumlah angka kasus positif yang meninggal dunia di Kota Pekalongan menjadi 3 orang. Jenazah pasien tersebut dimakamkan sesuai dengan mekanisme atau protap virus corona (Covid-19) oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan di TPU Sapuro, Minggu sore (14/6/2020).

Diketahui, almarhum berinisial S (56 tahun) merupakan warga Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan yang tiga hari sebelumnya baru saja pulang dari Jakarta dalam kondisi sakit. Selanjutnya, beliau dirujuk dan sempat menjalani perawatan di RSUD Kraton Pekalongan dan setelah dilakukan swab test, yang bersangkutan dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan sekaligus Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan, Dr. Slamet Budiyanto, SKM,MKes mengkonfirmasi bahwa pasien positif Covid-19 asal Kota Pekalongan bertambah 1 orang yang meninggal dunia.

“Iya, benar. Kasus positif Covid yang sebelumnya dirawat, sore ini meninggal dunia. Sebelumnya dirawat di RS Kraton, orang Podosugih, pulang dalam kondisi sakit dari Jakarta. Jenazah pasien tersebut dibawa menggunakan mobil ambulance dari RSUD Kraton ke TPU Sapuro untuk dimakamkan,” terang Budi.

Sementara itu, Kalakar BPBD Kota Pekalongan, Saminta, SPd yang ikut turun langsung ke lokasi pemakaman, menyampaikan bahwa Satgas BPBD bersama RSUD Kraton mendapatkan tugas untuk proses pemakaman jenazah Covid-19 yang meninggal tersebut dengan menggunakan APD lengkap dan sesuai protap pemakaman jenazah Covid-19. Dalam proses pemakaman tersebut, hadir pula nggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Sapuro Kebulen, bersama petugas Trantib Kelurahan Sapuro Kebulen dan anggota Polsek Pekalongan Barat yang melakukan pengamanan lokasi, sehingga proses pemakaman berlangsung aman dan lancar.

“Pada hari ini kami BPBD mendapatkan tugas pemakaman jenazah positif Covid-19, berkoordinasi dengan rumah sakit, dokter yang menangani, dan instansi terkait termasuk petugas kepolisian dan TNI serta tim di Sapuro dan Alhamdulillah proses pemakaman selesai berjalan lancar dan cepat sesuai protap penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan, sebelum dan selesai pemakaman, petugas disemprot disinfektan, ” papar Saminta.

Seperti yang diketahui bersama, kasus positif di Kota Pekalongan berdasarkan data yang bersumber dari corona.pekalongankota.go.id, sebanyak 17 orang terkonfirmasi positif dimana dengan bertambahnya 1 pasien positif yang meninggal dunia tersebut, kasus positif Covid-19 di Kota Pekalongan yang meninggal dunia menjadi 3 orang, 1 orang menjalani isolasi mandiri, dan 13 orang dinyatakan sembuh. Sementara untuk ODP sebanyak 220 orang terdiri dari 218 selesai pemantauan dan 2 masih proses pemantauan, dan untuk PDP ada 9 orang yang terdiri dari 8 dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia.(RedG/Dicky Tifani Badi)

Tinggalkan Komentar